Kabar Detail

AKIBAT HUJAN DERAS, TERJADI BENCANA DI WILAYAH DESA MOJOAGUNG

  • 01/02/2021
  • MOJOAGUNG

MOJOAGUNG – Hujan deras di wilayah Desa Mojoagung, Jumat sore hingga sabtu malam (30/1/2021) menyebabkan terjadinya bencana alam di lima lokasi berbeda wilayah Desa Mojoagung.

Kepala Desa Mojoagung Eling Trisnaningsih saat dikonfirmasi Minggu (31/1/2021) mengatakan bahwa akibat hujan deras menyebabkan peristiwa bencana alam di wilayah Desa Mojoagung. Bencana alam terjadi sejak tadi malam hingga pagi hari ini.

“Tidak ada korban jiwa akibat bencana alam yang terjadi di lima titik wilayah Desa Mojoagung. Namun demikian hal tersebut menyebabkan kekhawatiran warga Desa,” kata beliau.

Bencana alam terjadi di wilayah Dukuh Kemloko dimana dua rumah milik warga bernama Slamet Prayitno dan Subkhan terkena longsor dari tebing belakang rumah mereka, masih di dukuh kemloko, pohon Sengon yang tertiup angin kencang dan hujan lebat tumbang menimpa rumah warga bernama Muhlisin, kejadian tersebut mengakibatkan rumah nya mengalami kerusakan.

Selain itu, Jalan kabupaten penghubung ke arah Desa Bendosari juga tertutup banjir akibat luapan sungai putih, dan jalan Desa penghubung dusun Kaliyoso tertutup tanah akibat longsor.

Sementara itu, di dusun Majasem rumah milik warga bernama Suyito juga terdampak banjir, dimana sungai wetan tidak mampu menampung debit air karena curah hujan yang tinggi sehingga sebagian tumpah kedalam rumah warga tersebut yang memang letaknya persis di bawah sungai.

Belum sampai di situ saja, saluran irigasi yang melintas di belakang balai desa Mojoagung juga teputus akibat tertutup tanah longsor.

Kepala Desa menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap kejadian bencana alam yang mungkin terjadi. Karena beberapa hari terakhir hujan deras masih mengguyur wilayah Kecamatan Plantungan yang pada umumnya berpotensi menyebabkan bencana alam di lokasi yang rawan, ungkap beliau yang merupakan satu-satunya dan pertama kalinya Kades Perempuan di wilayah Kecamatan Plantungan.

Tanggap Bencana dan Penanggulangan Bencana

Kepala Desa Mojoagung Eling Trisnaningsih mengajak masyarakat untuk bergotong royong tanggap bencana (31/1/2021), seperti yang terpantau di Dusun Kemloko dan Dusun Majasem.

Di tempat tersebut warga sedang ramai bergotong royong melakukan pembersihan material tanah longsor yang menutup Saluran irigasi yang melintas di belakang Balai Desa Mojoagung, mereka begitu semangat dengan harapan saluran irigasi segera mengalir kembali ke area persawahan warga.

Hal serupa juga di laksanakan di Dukuh Majasem tepat nya di RT 07, yang waktu hujan air nya meluap dengan semangat warga membongkar gorong-gorong yang disinyalir menjadi penyebab tidak lancarnya aliran sungai wetan.

"Saya sangat bangga dan berterima kasih dengan semangat warga saya, mereka tanpa Pamrih mau bergotong royong membersihkan saluran air dengan harapan supaya waktu hujan air tidak meluap seperti kemarin", imbuhnya.

*

*



Share